Langsung ke konten utama

Bento dan Bekal Praktis untuk Anak





Hallo para Bunda, setiap pagi saya harus menyiapkan bekal dan sarapan untuk keluarga (suami dan putri saya). Saya yakin para bunda juga pasti sama ya? Menyiapkan bekal dan sarapan untuk keluarga  J. Maka sedikit banyak saya ingin berbagi informasi variasi bekal praktis untuk si kecil.



Menyiapkan bekal/BENTO sehat untuk buah hati ternyata susah-susah gampang ya Bunda

Kenapa susah-susah gampang?  Karena anak kecil suka makan berdasarkan mood saja.

Jika si kecil tidak menyukai bentuk bekal yang di sediakan untuknya, maka dengan otomatis mood dan nafsu makannya juga menjadi lebih rendah. Sedangkan jika si kecil menyukai bentuk bekal yang disediakan, maka mood dan nafsu makannya pasti menjadi tinggi. Maka tampilan bekal sangat berpengaruh sekali terhadap nafsu makan si kecil.

 
Nah kita intip yuk beberapa tips membuat bekal BENTO Sehat untuk si buah hati :
1. Bento Salad Buah
Untuk anak-anak yang suka Buah, bisa kita bikinkan BENTO Salad Buah. Potong dadu beberapa buah-buahan seperti apel, anggur, pepaya, melon, kupas jeruk dan lepaskan satu persatu, serta tambahkan beberapa buah lain yang disukai anak. Pisahkan mayones yang digunakan sebagai campuran dan masukan kedalam kotak bekal.


2. Bento Sandwich Daging Sayur
Panggang Roti tawar kemudian belah membentuk segitiga. Sisipkan Daging Burger yang sudah di panggang dan Selada serta irisan Tomat dan Mentimun. Oleskan dengan saus tomat dan mayones sesuai selera. Masukan dalam kotak bekal.

 
3. Bento Nasi Kepal Nugget
Siapkan Nasi Putih dan kepal membentuk bulatan (di dalam nasi kepal bisa di isi abon atau nugget potong sebagai variasi). Kemudian susun dalam kotak BENTO. Jumlah nasi kepal tergantung daya makan si kecil ya bunda. Atur Nugget Goreng di bagian sebelah dalam kotak, sertakan juga potongan Apel sebagai pelengkap.


4. Bento Fuyung Hai
Campurkan kocokan Telur bersama dengan sedikit potongan wortel, daun bawang dan sedikit garam. Dadar di wajan datar dan angkat. Siapkan saus tomat, kacang polong, sedikit gula garam dan larutan air tepung maizena (secukupnya). Masak semua bahan dalam Teflon api kecil dan aduk sampai kacang polong matang lalu angkat dan sisihkan. Saat menyajikan dalam kotak bekal, pisahkan Telur dan Sausnya agar tidak lembek saat dimakan.


5. Bento Spaghetti Ceria
Rebus Mie Spaghetti hingga empuk, Angkat dan tiriskan. Potong-potong dadu paprika hijau dan kuning, sisihkan. Panaskan Pasta Spaghetti (bisa yang instant dijual di toko atau bisa yang bikin sendiri), tambahkan paprika yang sudah di potong dadu dan daging cincang. Masak hingga matang. Siramkan di atas Spaghetti yang sudah di rebus tadi. JIka ingin dibawa untuk bekal makan siang, bisa di pisahkan antara Spaghetti dan Pastanya.


6. Bento Mini Hamburger
Siapkan roti mini bulat untuk hamburger, belah dua dari sisi kiri (bukan dari atas) dan sisihkan.
Panggang daging burger di atas teflon dengan menggunakan margarin, angkat dan belah menjadi 2 bagian (atau sesuai selera). Siapkan selada dan potongan mentimun. Susun daging burger, selada, mentimun dalam potongan roti burger. Bisa juga di oleskan saus tomat dan mayones susuai selera. Masukan dalam kotak bekal si kecil.


7. Bento Omelet Keju Kornet
Kocok telur, kornet, keju parut dan sedikit garam. Lalu dadar di telflon ukuran kecil yang biasa di gunakan untuk memasak telur mata sapi. Setelah matang angkat dan sisihkan, begitu seterusnya sampai kocokan telur tadi habis. Masukan ked alam kotak bekal dan taburi dengan keju parut.


8. Bento Roti Tawar Isi
Nah, bento kali ini adalah bento paling sederhana yang saya sajikan jika saya hanya memiliki sedikit waktu. Caranya, siapkan beberapa lembar roti tawar lalu potong dengan menggunakan cookie cutter yang bentuknya macam-macam (bisa bintang, love, kepala beruang, kepala kelinci, bulan sabit, dll). Lalu dari roti tawar potong tersebut bisa kita isi tengahnya dengan berbagai macam isi dan tangkupkan roti lainnya seperti sandwich. Isinya bisa bermacam-macam, isi susu kental manis, isi meises coklat, isi selai kacang, isi selai bluberry, isi selai strawberry, dll sesuai dengan selera. Jadi salam 1 kotak bekal, si kecil bisa mendapati roti tawar bentuk lucu dengan beragam isi.

 
Kira-kira itulah beberapa resep Bento/bekal praktis untuk anak. Semoga anak-anak suka dengan bekal yang di siapkan oleh bunda nya ya.



Selamat Mencoba J

Sandhy Suryadi

Untuk pembelian perlengkapan Bento, bisa meluncur ke http://www.tanahabangmurah.com







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berani Bermimpi

Kita semua pasti sering mendengar pepatah “Gantungkan cita-citamu setinggi langit” atau “Gapailah impianmu sampai ke negeri seberang”. Ngomong-ngomong tentang Impian, apakah anda masih memiliki impian sampai hari ini? Cobalah bertanya pada anak kecil yang ada di sekitar kita tentang apa impian mereka, pasti ada beragam jawaban yang muncul dari mulut kecil mereka. Ada yang bilang ingin jadi dokter, pilot, perawat, tentara, mekanik, direktur, polisi, presiden, menteri, dan lain sebagainya. Bahkan putri saya sendiri, Zeny (6 tahun) kalau di tanya tentang cita-cita pasti akan menjawab dengan lantang bahwa ia ingin menjadi seorang dokter jika sudah besar nanti. Tapi semakin kita menjadi dewasa, maka semakin kita (mungkin) mulai melupakan impian masa kecil kita. Rutinitas dan tuntutan hidup, mulai merubah jalan dan sudut pandang kita tentang sebuah impian. Memang tidak semua orang melupakan impian mereka. Masih ada sebagian dari kita yang masih tetap setia menggenggam

PUISI-PUISI SAPARDI DJOKO DAMONO

Saya suka puisi-puisi dari Dr. Sapardi Djoko Damono. Menurut saya puisinya sederhana tapi Indah dan menyejukan hati. Bahkan beberapa diantaranya bisa saya sebut romantis =D Berikut cuplikan profil beliau yang saya temukan di wikipedia Sapardi Djoko Damono Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sapardi_Djoko_Damono   Pekerjaan : Penyair, sastrawanm dosen Kewarganegaraan : Indonesia Suku Bangsa : Jawa Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono (lahir di Surakarta, 20 Maret 1940; umur 74 tahun) adalah seorang pujangga Indonesia terkemuka. Ia dikenal dari berbagai puisi-puisi yang menggunakan kata-kata sederhana, sehingga beberapa di antaranya sangat populer. Riwayat hidup Masa mudanya dihabiskan di Surakarta (lulus SMP Negeri 2 Surakarta tahun 1955 dan SMA Negeri 2 Surakarta tahun 1958). Pada masa ini ia sudah menulis sejumlah karya yang dikirimkan ke majalah-majalah. Kesukaannya menulis ini berkembang saat ia